info terkini

konsultasi karir online

Tanya : Sekarang banyak penipuan lowongan by online, bagaimana caranya kita agar tidak tertipu?

Jawab : 1. Contact person atau nomor yang bisa dihubungi. Umumnya nomor telepon yang disisipkan oleh perusahaan akan aktif untuk melayani anda, namun apabila anda sudah berhasil ditipu, maka nomor yang dijadikan sebagai contact person sudah tidak aktif, atau mengalihkan panggilan anda, bahkan tidak akan mengangkat telepon dan membalas SMS anda. 2. Perusahaan penipuan umumnya selalu memakai alamat email pribadi seperti @yahoo, @gmail, atau @hotmail. Padahal seharusnya memakai email perusahaan misalnya namaanda@sosro.com dan lain-lain. 3. Menggunakan weebly, wordpress.com, blogspot.com atau blog gratisan lainnya sebagai alamat website, contohnya mj-network.wordpress.com. Jika anda menemukan lowongan kerja dari perusahaan yang namanya terasa asing, coba cek bagian paling bawah atau atas website perusahaan yang bersangkutan, maka anda akan menemukan logo atau nama blog. 4. Mempublikasikan foto pegawai/karyawan atau foto acara perusahaan dengan memakai foto hasil dari manipulasi komputer atau hasil mengambil dari foto perusahaan luar negeri. 5. Menyuruh anda untuk membeli sebuah paket dengan harga yang sudah ditentukan, namun kenyataannya tidak ada paket yang ditawarkan. Seperti paket daftar kuisoner secara online memakai kode member, mesin pencari uang mudah lewat media nternet, dan lain-lain. 6. Anda akan dipaksa untuk melakukan pembayaran produk serta diberikan gambaran tentang keuntungan yang berlipat-lipat, seperti membeli sebuah paket kuisoner seharga Rp100.000, dan anda akan diberikan kuotasebanyak 1000 responden untuk mengisi kuisoner, kemudian untuk masalah imbalannya anda akan mendapatkan Rp5000/kuisoner. Apabila anda tidaksecepatnya melakukan pembayaran maka anda akan dihapus menjadi member. 7. Meminta Anda mentransfer sejumlah uang dengan dalih tiket pesawat pp dari daerah ke Jakarta tempat wawancara perusahaan dan biaya akomodasi selama di Jakarta atau Kota lainnya. Tidak hanya terkait lowongan kerja, permintaan untuk mentransfer uang adalah indikasi penipuan yang banyak dilakukan saat ini. Maka dari itu, abaikan saja semua bentuk permintaan transfer uang. 8.Umumnya, pihak penipu akan memberikan waktu yang sangat singkat sekitar 7 hari.. 9. Tidak ada nama perusahaan di browser Internet. Umumnya perusahaan yang sudah terdaftar namanya akan terdaftar bila anda akan sedang melakukan browsing. (M.Riharja-BKOL Kaltim)

Tanya : Mohon disebutkan aspek penting agar tidak salah dalam menghadapi wawancara ?trims

Jawab : Wawancara adalah tahap penting bagi perusahaan untuk menilai calon karyawan yang akan dipekerjakan di kantor mereka. Dengan wawancara, perekrut akan mengetahui kepribadian dan kesiapan pelamar. Namun, berdasarkan data yang dikumpulkan Collegeatlas.org, masih banyak yang tidak menyadari kesalahan mereka saat diwawancara oleh pihak kantor. Berdasarkan hasil survei, kesalahan nonverbal adalah yang paling tidak disadari pelamar. Misalnya, sebanyak 67 persen pelamar tidak melakukan kontak mata, hanya 47 persen yang mengetahui profil perusahaan, dan 38 persen tidak tersenyum. Padahal, tiga poin di atas merupakan penilaian yang penting. Selamat berjuang.

Tanya : Ada tips taktis untuk jawaban alasan pindah kerja ?suwun

Jawab : Erina Collins, agen rekruitmen di Los Angeles, memberikan tips untuk "Bicara taktis dan diplomatis". Jangan pernah memberikan jawaban yang menjelekkan tempat kerja lama anda atau apa pun yang konotasinya negative. Keburukan yang lama, cukup curhatkan pada sahabat saja. Sebaiknya katakana : Saya menginginkan suasananya kerja yang teratur dan terjadwal. Atau katakana, Gaji saya sebenarnya baik-baik saja, tapi saya tentu akan senang kalau ada peluang peningkatan gaji di tempat lain. Bisa juga dengan menjawab, Suasana kantornya menyenangkan, saya belajar banyak di tempat lama, tapi saya merasa inilah saatnya saya mengembangkan sayap lebih lebar di tempat baru.

Tanya : gimana saat wawancara ditanya apa kekuatan dan kelemahan diri saya ? maaf lagi bingung nih...!terimakasih

Jawab : Dari beberapa masukan para ahli ada baiknya jangan bicarakan terlalu banyak tentang kekuatan anda seolah sebagai suatu kelemahan anda. Mereka tidak akan tertarik. Sebaliknya,berbicara tentang sesuatu yang memang sebenarnya adalah kelemahan anda dan cara anda mencoba untuk memperbaikinya. Contoh berikut merupakan jawaban baik dan cerdas, Saya dulu sering gugup jika menelpon klien, tapi kemudian saya menyadari bahwa semakin sering saya melakukannya, itu menjadi mudah. Menjelaskan kelemahan anda di masa lalu (dan anda mengubahnya) menunjukkan bahwa anda bersedia untuk berubah dan berkembang.. Selamat mencoba

Tanya : Mau tanya nihhhh...gimana kalo saat wawancara ditanya alasan pindah dari tempat kerja sebelumnya ?

Jawab : Akan lebih baik anda jangan pernah mengeluh atau mengkritik sesuatu yang terjadi di masa lalu.Cobalah menjawabnya seperti ini, itu tidak cocok dan saya ingin tantangan baru.! jawaban tersebut cukup cerdas dan jelas.Selamat mencoba.

KONSULTASI ONLINE, Klik disini

informasi pasar kerja