Hari Migran Internasional 2017 Dipusatkan di Ponorogo

Hari Migran Internasional 2017 Dipusatkan di Ponorogo

Ponorogo, 18 Desember 2017. Memperingati Hari Buruh Migran Internasional, Menteri Ketenagakerjaann Hanif Dhakiri, datang langsung ke Kabupaten Ponorogo. Hanif meletakkan batu pertama untuk perumahan khusus TKI asal Ponorogo. Setidaknya, di atas tanah ribuan hektar di Kelurahan Cokromenggalan, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo akan dibangun 500 unit rumah. Dan itu berkat para mantan TKI."Saya apresiasi. Karena kebutuhan rumah setiap tahunnya meningkat. Termasuk untuk rumah TKI," kata Hanif Dhakiri, Senin (18/12/2017).

Dia menjelaskan, migran merupakan fenomena kompleks yang mengalami peningkatan setiap tahunnya. Jadi, purna tugas diharapkan TKI sudah mandiri dengan adanya rumah.
"Di Indonesia sendiri 10 juta belum mempunyai rumah. Jadi saya aapresiasi pembangunan dari mantan TKI ini. Kerjasama dengan swasta maupun perbankan," tambah kader PKB ini.
Untuk pemerintah, lanjut dia, sudah membantu juga. Dia mengaku seperti memasukkan ke daftar BPJS Ketenagakerjaan. Itu disebut salah satu andil negara untuk TKI.

Humas Kemnaker menerangkan  kegiatan Menaker di Ponorogo diantaranya mendongeng bersama anak para TKI di Desa Paringan, berdialog dengan para TKI sekaligus mencoba olahraga air tubbing atau arung jeram yang dikelola oleh para TKI di Desa Paringan. Selain itu Menaker juga melakukan  peletakan batu pertama untuk 300 rumah TKI," jelasnya.Ponorogo dipilih karena kota ini salah satu kantong TKI. Selain itu ada berbagai program TKI yang bagus, seperti adanya perumahan TKI yang digagas oleh TKI sendiri.Program Desa Migran Produktif (Desmigratif) yang digagas oleh Kemenaker saat ini baru tercapai 122 desa dari total targetnya 400 desa tahun 2019 mendatang, Ponorogo menjadi salah satu bagian dari program ini.

Di Desmigratif nantinya, akan ada pusat layanan migrasi, kegiatan usaha produktif para TKI, pengayoman terhadap anak-anak TKI, serta penguatan usaha produktif jangka panjang.[mit/suf]

link
👤 Oleh plkt 🕔19 Dec 2017 15:21

Lokasi kantor Kami

Link Mitra Kerja

Statistik Pengunjung