BERITA

Muhaimin : 600 TKI di Kawasan Konflik Sabah Malaysia telah Dievakuasi

2013-04-01 11:15:38

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri untuk menangani masalah TKI dan WNI yang berada di lokasi konflik Sabah,Malaysia.

Total TKI yang berada di sekitar kawasan perkebunan kelapa sawit ( felda) di Sabah, Malaysia diperkirakan sekitar 8000 orang. Namun, TKI yang benar-benar berada di kawasan konflik berjumlah sekitar 600 TKI , dan saat ini mereka sudah dievakuasi ke lokasi yang aman.

" Saya telah menginstruksikan atase tenaga kerja di Malaysia untuk berkoordinasi dan mengambil langkah-langkah darurat untuk mengamankan TKI. Yang penting TKI selamat dulu,"kata Menakertrans Muhaimin Iskandar di Jakarta pada Selasa (5/3).

Muhaimin mengatakan pemerintah Indonesia melalui KJRI di Sabah juga telah mendesak pemerintah Malaysia agar bener-benar memperhatikan keselamatan TKI di wilayah konflik ini karena mereka adalah warga sipil yang harus dilindungi.

Muhaimin mengaku telah mendapat laporan dari atase tenaga kerja di Malaysia yang menyebutkan bahwa evakuasi terhadap TKI dan WNI yang berada sekitar konflik bersenjata Kesultanan Sulu dan Malaysia telah dilakukan secara bertahap.

" Atase Tenaga Kerja dan KJRI di Sabah terus melakukan monitoring di lapangan. Evakuasi terhadap 600 orang telah dilakukan secara bertahap dengan bekerja sama otoritas perkebunan kelapa sawit (felda) yaitu diantaranya di lokasi site sahabat 17, site semporna dan site tandau, kata Muhaimin.

Total TKI yang berada di kawasan felda sekitar 8000 orang. Namun, TKI yang berada langsung di kawasan konflik berjumlah sekitar 600 TKI dan saat ini mereka sudah dievakuasi ke lokasi yang aman.

"Saat ini kita terus melakukan monitoring dan menyiapkan langkah-langkah antisipasi apabila konflik di Sabah ini terus membesar dan membahayakan. Yang utama adalah keselamatan TKI yang berada di sana, "kata Muhaimin.

Pusat Humas Kemnakertrans