INFORMASI KARIR

KASIR BANK

2009-02-26 00:56:21

KASIR BANK
322.22


RINGKASAN TUGAS :
Tugas umum seorang kasir bank adalah melayani nasabah bank sehubungan dengan penyimpanan dan pengambilan uang serta masalah yang berhubungan dengan itu.
RINCIAN TUGAS :
1.Mengecek setoran uang tunai, surat berharga, dan warkat clearing dari nasabah.
2.Memeriksa cek dan tanda tangan dan surat mandat nasabah atau neraca perhitungan.
3.Menyediakan uang dan membayarkannya kepada nasabah.
4.Menyusun pemasukan yang cocok dengan buku perhitungan nasabah atau dokumen yang dipindahkan pada bagian perhitungan.
5.Memeriksa daftar penerimaan dan pengeluaran kas serta mencocokkan dengan jumlah uang kas sesuai dengan saldo kas aktif.
SYARAT-SYARAT JABATAN :
a.Pendidikan.
Jabatan kasir bank mensyaratkan pendidikan formal tamatan SLTA (SMU) sosial dan SMEA (SMK) Tata Buku, Keuangan.
b.Pengalaman / Pengetahuan Kerja
Pengalaman / Pengetahuan Kerja yang diisyaratkan antara lain mengetahui :
-Prosedur pengambilan uang
-Jenis cek yang berlaku
-Pembukuan keuangan.
c.Latihan / Ketrampilan Kerja
Bagi seorang kasir bank, latihan kerja praktis dan tambahan-tambahan pengetahuan dapat diperoleh selama ”on the job training” atau magang di bank.
d.Jenis Kelamin dan Umur
Dapat dilakukan oleh laki-laki maupun wanita, sekalipun pada umumnya lebih disukai wanita karena karakteristik yang dimiliki, usia minimal 20 tahun.
e.Bakat / Kemampuan
Kemampuan hitung menghitung, kemampuan dalam ketelitian / ketatausahaan, serta kemampuan membedakan warna, merupakan bakat yang diperlukan dalam jabatan ini.
f.Minat
Seorang kasir bank cenderung untuk menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan angka dan komunikasi data, serta pekerjaan yang bersifat rutin, konkrit dan teratur.
g.Temperamen Kerja
Pekerjaan sebagai seorang kasir bank menghendaki sikap mental agar bisa menyesuaikan diri dalam melaksanakan tugas-tugas yang mengandung resiko yang berhadapan dengan situasi luar biasa, darurat, kritis, bahaya atau kecepatan tinggi.
Disamping sikap mental untuk menyesuaikan dalam melaksanakan pekerjaan yang sama secara berulang-ulang, kontinyu sesuai dengan prosedur, berangkai-rangkai, langkah demi langkah.
h.Kondisi Fisik.
Jabatan ini memerlukan kondisi fisik yang baik, terutama kondisi fisik yang terkait dengan aktifitas duduk dan memegang.
KONDISI LINGKUNGAN KERJA :
Kasir bank bekerja dalam ruangan dengan penerangan yang cukup, memakai pendingin ruangan (AC), ruangan tertutup dengan temperatur dan kelembaban yang rendah serta bebas dari debu. Tugasnya memungkinkan berhubungan langsung dengan nasabah / orang lain, menggunakan komputer, dan mesin hitung uang.
SUMBER INFORMASI :
Keterangan mengenai jabatan ini dapat diperoleh pada bank-bank baik bank pemerintah maupun bank swasta.
JENIS JABATAN YANG BERKAITAN DENGAN JABATAN INI :
-Kasir kantor
-Penukaran uang
-Kasir loket
-Juru tata usaha kantor pos
-Kasir lainnya
PROSPEK JABATAN :
Untuk menjalankan roda perekonomian negara atau dalam mengembangkan bisnis dan industri tidak dapat dilepaskan dari aktifitas perbankan. Sehingga keberadaan suatu bank sangat diperlukan. Dengan melihat ini jabatan kasir bank selalu diperlukan, dan dimasa mendatang mempunyai prospek yang baik.